Wednesday, July 25, 2007

[jokes] 17 Agustus

Elnino
19 Agt 2006


1. Hening cipta lo orang Manado:

Man-jo torang samua mo baba'inga.... ba'inga torang pe totu, oma-opa yang so 'sekaluar darah deng suar for torang samua, do'ng so rela mati for torang samua.......

Mbaba'inga, mulai...................................................... So bole...


2. Di Pohuwato tidak ada tabur bunga

17-Agustusan di Kabupaten Pohuwato kabarnya tidak diwarnai agenda 'tabur bunga' karena belum ada Taman Makam Pahlawan-nya. Pahlawan dari Pohuwato juga hanya pahlawan pembentukan kabupaten. Itu pun masih pada hidup. Jadi, ketimbang tabur bunga, orang Pohuwato lebih suka bikin 'tabur senyum'. Hari 17-an yang benar-benar gembira.

3. Aba2 gerak jalan dalam bahasa Gorontalo

Seperti tahun2 sebelumnya, 17 Agustus kemarin di Tapa digelar lomba gerak jalan. Di antara ratusan kelompok peserta, ada beberapa kelompok yang ikut lomba hanya sekadar untuk melucu sepanjang jalur yang ditempuh, seperti group pemuda yang berpakaian ninja dan sekelompok ibu2 yang baris-berbaris dgn aba2 dalam bahasa Gorontalo. Untuk yang kedua itu, aba2nya sebagai berikut;

Molengge.... Na'o!
Oloyihi! Olowala! Oloyihi, olowala, oloyihi!
Oindla! Oluwo! Otolu! Opato! Oloyihi, olowala, oloyihi!
Hormati.... Ndali!
Lopata..... Ndali!
Mo bale de oloyihi.... Na'o!
Mo bale de olowala.... Na'o!
Na'o-na'o bo dila lengge-lengge.... Na'o!
Mo ti lengge nenge-nenge.... Na'o!
Mohuhelipo teye.... Ndali!


Artinya:
Maju.... Jalan!
Kiri! Kanan! Kiri, kanan, kiri!
Satu! Dua! Tiga! Empat! Kiri, kanan, kiri!
Hormat.... Grak!
Tegak..... Grak!
Belok kiri.... Jalan!
Belok kanan... Jalan!
Jalan di tempat.... Jalan! (Arti sebenarnya; "jalan tapi tak maju2.... jalan")
Langkah tegap maju... Jalan! (Arti sebenarnya: "Maju berbusung dada... jalan")
Berhenti... Grak! (Arti sebenarnya; "Beristirahat di sini.... Grak")

Dari start sampai kilometer ke-10, si ibu pemberi komando tidak pernah melakukan kesalahan dalam memberikan aba2 bahasa Gorontalo. Tetapi di kilometer ke sebelas, mungkin karena kecapekan, dia memberi aba2 berhenti. Hanya saja, yang keluar dari mulutnya adalah; "Mohulepo teye.... Ndali!" (Catatan: Ini tidak bisa diterjemahkan karena bahasanya sangat kasar)

2 comments:

Unknown said...

wakakakaka

Amisha said...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut