Saturday, August 11, 2007

Gorontalo and E-Gov

Jerry Montoliang
6 Des 06


Di era tahun 2000-an saat ini, tuntutan masyarakat adalah pemerintah yang harus memiliki waktu layanan yang cepat terhadap berbagi kebutuhan publik. Dengan kata lain, mereka tidak peduli bagaimana pemerintah mengorganisasikan dirinya, melainkan proses layanan yang diharapkan oleh masyarakat dapat diberikan secara baik, cepat, dan ekonomis. Inilah fenomena yang beredar di masyarakat.

Contoh dari fenomena di atas yang sering ditemukan adalah seringnya masyarakat mengeluh atas lambatnya layanan pengurusan administratif baik tingkat paling bawah (RT/RW, kelurahan bahkan sampai ke tingkat provinsi sekalipun), kurang adanya layanan akan kebutuhan masyarakat, tidak tercovernya seluruh kebutuhan masyarakat. Hal inilah yang patut dipertimbangkan solusinya. Di sinilah saatnya pemerintah mempertimbangkan berbagai hal dalam meningkatkan layanannya ke masyarakat.

Salah satu solusi alternatif dari permasalahan di atas adalah menerapkan sebuah layanan informasi kepada masyarakat yang nantinya dapat mengcover sebagian atau bahkan keseluruhan kebutuhan masyarakat akan informasi yang dibutuhkan. Sesuai topik di atas yakni OPTIMALISASI LAYANAN PUBLIK PEMERINTAHAN GORONTALOBERBASIS E_GOVERNMENT, inilah salah satu alternatif terbaik yang ada saat ini dan terus berkembang sesuai tingkat kebutuhan.

Mengapa E_Government?

Saat ini teknologi informasi merupakan salah satu option yang dapat diunggulkan dalam menunjang berbagai produktifitas sebuah layanan, yang awalnya konvensional dapat di tingkatkan dengan layanan berbasis komputerisasi, guna efisiensi serta efektifitas kerja di samping itu juga ekonomis. Hal ini sudah merupakan kesepakatan semu yang ada serta berkembang saat ini olehnya banyak pihak (pemerintah) di Indonesia yang mulai mengembangkan layanan E_Government-nya untuk dapat mengcover, setidaknya sebagian dari kebutuhan informasi tidak hanya masyarakat lokal melainkan masyarakat international sekalipun.

Sebagai contoh, pemerintah kota Batu dan pemerintah Kab Malang. Ini salah satu contoh kecil daerah-daerah yang telah berhasil dengan layanan E_Government-nya, dimana mereka memberikan layanan yang tidak tangung-tangung bahkan memberanikan untuk transparansi kinerja pemerintah mereka dapat dilihat melalui layanan E_Government.

Olehnya pemerintah Gorontalo pun perlu memikirkan kearah sana melihat kondisi saat ini layanan E_Government yang diterapkan di pemerintah gorontalo belum optimal. Kalo boleh dibilang baru 25% penerapan E_Government yang telah dijalankan oleh pemerintah gorontalo sebagaimana bisa dilihat pada websitepemerintah gorontalo di http://www.gorontalo.go.id hanya sebagian kecil saja informasi yang dapat dilayani melalui website pemerintah Gorontalo yang notabene adalah salah satu bentuk penerpan E_Gov tersebut.

Bagaimana Seharusnya?

Dalam menerapkan E_Government yang optimal perlu beberapa riset khusus namun secara umum E_Government yang baik adalah dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan masyarakat akan informasi. Disini perlu diterapkan sebuah pusat interaksi daerah atau sering disebut Citizen Interaction Center (CIC) yang nantinya akan menampung seluruh informasi daerah misalnyaGorontalo, sehingga seluruh informasi akan diproses oleh CIC dan akan mempublishnya ke dalam layananE_Government.

CIC merupakan center informasi yang dapat di akses dengan berbagai macam cara antara laintelp, sms, dan internet. Namun kali ini kita hanya membahas tentang cara melalui Internet dalam hal ini mengunakan fasilitas website. Syarat utama berhasil tidaknya layanan ini (CIC)terletak pada mampu tidaknya pemerintah mengintegrasikan data secara lintas sektoral keseluruhan produk-produk E_Government yang akan ditawarkan oleh institusi-institusi terkait. Dengan kata lain, diperlukan sistem backoffice dalam penanganan ini.

Dikatakan lintas sektoral karena data atau informasi yang akan di publish bukan hanya bersumber dari pemerintah saja, melainkan dari berbagai sumber, misalnya data Dinas pendidikan, Dinas Kebudayaan, Keuangan Daerah, hingga sampai ke Dinas pertanahan sekalipun bahkan tidak menutup kemungkinan sampai ke berbagai dinas-dinas terkait lainnya. Ini akan memberikan warna lain bagi pemerintahan Gorontalo kedepannya.

Apakah hasil yang akan di peroleh dari penerapan E_Government secara maksimal? Banyak hal yang akan diperoleh dengan di optimalkan layanan publik berbasis e_gov ini, misalnya: Efisiensi media layanan ke masyarakat. Ketersediaan sumber informasi yang dapat di akses kapan saja dan dimana saja (selama tersedia koneksi internet, guna akses ke e_government).

Sebagai bukti keseriusan pemerintah serta pihak terkait dalam melayani masyarakat dengan secara total. Sebagai bentuk tranparansi informasi.dan lain sebagainya. Banyak hal yang dapat di peroleh dari penerapan teknologi informasi ke dalam kinerja pemerintah, namun sejauh mana hasil yang akan diperoleh hal ini akan diperoleh dari sejauh mana pemerintah dan pihak-pihakterkait dalam memberikan informasi secara luas dan terbuka.

No comments: