Saturday, August 11, 2007

UNG Menuju Center of Excellence

Irwan F. Uno
4 Okt 06


Teman-teman, mohon kalau ada komentar saya yg dikutip untuk artikel koran ttg UNG, nama saya tetap off the record! (Hehehe....maaf yah, saya ada kepentingan dunia & akhirat jangka panjang dengan orang-orang di UNG. Tapi jangan curiga dulu....untuk kebaikan kok...)

Tentang UNG, komentar saya berikut:

Saya termasuk silent supporter untuk UNG spt ditulis OH. Walaupun silent, saya ril bergerak.

Alhamdulillah saya terlibat banyak dalam memfasilitasi MOU antara UNG dengan Ehime University (Jepang). Saat ini di kampus juga sudah ada Center for Promoting Japanese Studies (Pusat Promosi Kajian Jepang).

Kalau di antara milister ada yang mo lihat-lihat ke kampus, sudilah mampir. Di dalamnya memang masih jauh dari konsep yang kami pikirkan, at least langkah pertama sudah diambil. Insya Allah dalam waktu dekat (silahkan konfirmasi ke Ketua Center Dr. Muhtar M Ph.D Fak. Pertanian), kerjasama di bawah payung MOU kelak meliputi pertukaran mahasiswa/dosen (beasiswa maupun non beasiswa), joint research, dll.

Selama membantu UNG, ada beberapa poin penting yang saya tangkap.

1. UNG sungguh beruntung memiliki pemimpin seperti NP. Pengalaman saya berinteraksi dengan beliau, beliau sangat cepat membuat keputusan selama itu menguntungkan untuk UNG. (Maaf, penilaian ini terbatas pada materi yang pernah kami kerjasamai)

2. Kelebihan di poin satu sangat disayangkan karena tidak dibarengi dengan skill maupun wawasan yang baik dan luas dari bawahan beliau. Termasuk para dosen. Saya kaget karena dalam rapat-rapat membahas konsep kegiatan yang akan dilaksanakan, masih ada gambar dan suara. Tapi giliran pelaksanaan, baik suara apalagi gambar hilang entah kemana.

3. Unsur pamrih dalam memajukan institusi UNG juga sangat terasa. Masih mending kalau pamrih ini dimainkan dengan cantik alias apik. Kita mungkin akan sungkan berkesimpulan negatif. Tapi kenyataannya, pamrihnya terus terang sangat terang-terangan dan ini keterusan. Ketika suatu kegiatan melibatkan Koin & Kredit, semut-semut pada ngumpul. Ketika 2K ini hilang, jejaknya pun tak tampak.

4. Saya bersyukur bisa menjadi UNG's outside supporter. Dengan demikian saya bisa menjaga interest saya. Bahwa karya adalah yang terpenting. Apa boleh buat kalau memang sudah demikian kondisi kerja di kalangan PNS yang harus pamrih, minimal 2K ditambah 1K lagi, menjadi Koin, Kredit, dan Karya. Jangan yang 2 ada yang 1 whateverlah..........

5. Untuk menjadi Center of Excellent, SDM UNG mesti buka mata, pasang telinga, goyangkan kaki dan tangan! (Emang mau dangdutan?....hehehe)

Buka mata bahwa isu daerah atau kota sudah bukan zamannya lagi. Waktu menemani NP ke Ehime University (EU), NP kaget. Ehime University adalah National University yang berlokasi di Provinsi Ehime di Jepang. Provinsi ini kurang lebih sama nasibnya dengan Gorontalo, pokonya provinsi paling desa. (Off the record: Makanya saya rekomendasikan ke UNG untuk bikin MOU dengan mereka, soalnya skalanya sama). Tapi di tengah-tengah universitas kampung itu, berdiri sebuah bangunan riset yang menjadi perhatian Jepang bahkan dunia, yaitu Pusat Riset Protein Buatan.

Pasang telinga karena informasi bergerak cepat. Bisa jadi sesuatu yang dianggap memuaskan di UNG sudah kadaluarsa di tempat lain. Kalau UNG tidak bikin gerakan untuk menjadi excellent sesegera mungkin, jangan harap mimnya akan tercapai.

Gerakkan kaki dan tangan. Tafsirnya (ce ileh, kayak Quraish shihab aja), harus ada konsistensi gerakan sebagai sebuah institusi secara keseluruhan menuju satu tujuan yang sama. NPnya sudah bagus menetapkan tujuan, tapi kalau di kaki dan tangan tidak kompak, ya gimana bisa maju? Ini bukan karena saya dekat dengan NP lho. Bayangkan kalau suatu saat NP sudah tidak menjabat lagi dan kaki tangan juga tetap tidak kompak dengan kepala, tetap saja jalan di tempat....

6. Nah kalau semua sudah kompak, baru goyang ngebor.......(eits, jangan ngerez dulu temenz!). Ma'nanya, jangan cepat puas. Terus saja ngebor cari terobosan baru.....

7. Sudah ah.......capek nyari analogi yang lain....ntar jadi ngrez betulan!!

Insya Allah UNG akan maju..........

No comments: