Wednesday, July 25, 2007

Bandlayo Lo Lipu

Bakrie Arbie
23 Agt 2006


Tergugah dengan Supremasi hukum yang dipertanyakan, maka usul yang saya pernah ajukan mengenai Bantayo Lolipu atau biar keren e-Bantayo Lolipu (e-BL) yang diprakarsai di daerah terutama oleh Universitas atau Sekolah Tinggi yang bisa menampung ide ini,misalnya Universitas Negeri Gorontalo.

Fungsi dari e-BL ada tiga, yaitu: 1) Riset atau Litbang dengan mengerahkan mahasiswa PKL maupun tugas skripsi,dengan bimbingan Dosen melakukan penelitian, koleksi data apakah tiap kecamatan bahkan kelurahan/desa,potensi apa saja yang ada didaerah yang diteliti,bisa potensi ekonomi bagi mahasiswa jurusan Ekonomi,masalah apa yang paling rawan apakah Lingkungan.Dilihat demografi dan muda-mudi yang menganggur didaerah studi,organisasi dan dunia usaha serta stakeholder penting,input/output barang,uang,energi kalau daerahnya mempunyai energi misalnya.Topiknya meliputi Ekonomi, Sosial, Budaya, Hukum, Lingkungan, Pertanian, Peternakan, dsb.

2) e-BL sebagai partner atau rekan PEMDA (ini harus dibicarakan dengan sebelum dan setelah PILKADA), akan menjadi rekan dalam PEMBERDAYAAN MASYARAKAT mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja, pengawasan dari program yang dilakukan daerah. Pokoknya transparan sehingga kinerja,efektifitas dari program bisa dilaksanakan dengan data-data hasil RISET diatas. Partisipasi masyarakat sejak awal sehingga program berjalan selalu melibatkan masyarakat dan mahasiswa yang masih penuh idealisme dan jumlahnya cukup banyak.Korupsi, kemubaziran dapat dipantau langsung dan yang penting dicegah terjadinya.

3) Pendidikan dan Pelatihan SDM. Ini sangat penting karena yang bisa melaksanakan semua program intinya adalah SDM yang mempunyai OTAK, WATAK dan OTOT/Sehat yang dibarengi NIAT untuk ibadah pada masyarakat luas.Banyak hal yang perlu dilatih baik Pegawai PEMDA,Swasta,Stakeholder,Legislatif,Yudikatif. Topik antara lain Manajemen Berbasis Kinerja, Leadership, Teknologi Terapan yang sesuai untuk daerah, Business Planning, Akuntansi Praktis, Pertukangan, Pemberdayaan Masyarakat, Sistim Inovasi Nasional, Ketahanan Nasional dan hal-hal yang menurut Rekomendasi hasil Riset yang sudah terkumpul.

Semuanya bertujuan untuk mempertinggi kompetensi, kemampuan dalam melaksanakan tugasnya masing-masing. Saya mencatat banyak orang berada di posisi yang tidak mengerti apa yang harus dikerjakan, jadi kayak monyet ngagugulung kelapa, just killing the time dan kalau ada kesempatan korupsi ya, sikat saja. Prinsip OODA (Observation, Orientation, Decision and Action) yang mantap belum kelihatan. Karena semua mencakup Domain Fisik, Informasi, Kognitif dan Implementasi, memang hal ini tidak mudah. Terutama domain Kognitif sebenarnya kasihan pejabat kita, harus acara sana-sini sehingga tak ada waktu untuk berpikir dan kontemplasi. Dan beliau adakalanya tak punya think tank, jadinya ati olo.

Sebaiknya satmingkal dari e-BL ada di Perguruan Tinggi lebih kognitif dan netral. Peserta adalah dosen, mahasiswa, para pimpinan informal, pengamat, pengusaha, alim-ulama dan pribadi yang berminat. Memang diperlukan Pimpinan e-BL yang mempunyai leadership dan niat baik, mengerti filosofi, maksud dan tujuan serta sadar bahwa untuk memulai hal baru (inovasi) bukan hal yang mudah. Juga ini bukan lari Sprint tetapi lari Marathon (jangka menengah/panjang baru kelihatan hasilnya).

Kalau kata Radio Elshinta diperlukan tipe Pribadi hebat sepert Power Ranger dan bukan pribadi ala Si Kancil(yang punya filosofi bagaimana menipu buaya alias rakyat). Perlu perencanaan Matang dan sudah tentu perlu Dana pula.Saya usul orang-orang kuat Gorontalo seperti pak Habibie dengan Habibie Center atau Pak Gobel dengan National Gobel,atau pribadi seperti Ibu Uga Wiranto,Pak Ciputra dan banyak tokoh lainnya.Secara pemikiran,penyempurnaan ide pasti banyak yang ingin membantu .

Oleh karenanya saya tambahkan e menjadi e-BL sehingga kita dari jauh bisa partisipasi lewat e-mail/internet. Berdasarkan pengamatan saya membaca dan benchmarking maka ini adalah jalan keluar agar kita menjadi bangsa yang produktif. Saya pernah tulis tesis, sebelumnya agar STRATEGI yang dipegang PRODUKSI+JASA/Kebocoran+Kemubaziran harus
lebih besar >> dari 1.

Kalau tidak, maka kita akan menjadi KULI dari bangsa-bangsa di dunia. Gejala sudah terlihat kita jadi TKI ke Malaysia dll.S aat seperti sekarang ini diperlukan INOVASI,dengan motto Innovate or Die. Odu olo.

1 comment:

Amisha said...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut